VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN BAHAN AJAR MATA KULIAHANALISIS RIIL DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING

Penulis

  • I Made Sugiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

visual thinking, analisis riil, bahan ajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk menjawabpermasalahan pada perkuliahan analisis riil yang disinyalir disebabkan oleh rendahnyakemampuan pemahaman konsep dan penalaran mahasiswa. Melalui penelitian ini
dikembangkan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar analisis riil dengan pendekatanvisual thinking. Penelitian dilaksanakan selama dua tahun dengan desain penelitianpengembangan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Lingkup tulisanini
berkaitan dengan hasil penelitian tahun pertama yang meliputi tiga tahapan yaitu define, design dan develop dengan tujuan menghasilkan draft prototyfe perangkat pembelajarananalisis riil yang valid dan praktis. Data validitas dan kepraktisan bahan ajar dikumpulkanmenggunakan lembar validasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara dekriptif. Skor penilaian validitas materi, desain pembelajaran dan bahasa berturut-turut adalah 90, 91.7, dan 95. Skor kepraktisan bahan ajar berdasarkan respon siswa adalah 89.2. Oleh karenanyabahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam perkuliahan analisis riil karenamemenuhi kriteria valid dan praktis. Implikasinya bahan ajar dengan pendekatan visual
thinking akan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Sugiarta, I. M., Hartawan, I. G. N. Y., & Suarsana, I. M. (2023). VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN BAHAN AJAR MATA KULIAHANALISIS RIIL DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 322–338. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1736