EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SD SEDESA BUMIJAWA

Penulis

  • Ardhah Nur Rizqi Universitas Peradaban
  • Anwar Ardani Universitas Peradaban

Kata Kunci:

Children Learning in Science, Literasi Numerasi, Geogebra

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SD Sedesa Bumijawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra terhadap peserta didik kelas V SD Sedesa Bumijawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji independent sampel t-test dan paired t-test. Hasil uji independent sampel t-test pada penelitian ini diperoleh thitung sebesar 2,145 sementara nilai ttabel adalah 1,997 karena nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu berdasarkan uji paired sampel t- test diperoleh thitung sebesar 12,271 dan nilai ttabel sebesar 2,032 karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, model pembelajaran CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra efektif terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-22

Cara Mengutip

Rizqi, A. N., & Ardani, A. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SD SEDESA BUMIJAWA. Prosiding SENDIK FKIP Universitas Peradaban, 2(1), 17–30. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/2131