MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KODULAR BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Kondular, QuizWhizzerAbstrak
Rendahnya minat belajar matematika siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan kegunaan materi matematika dalam kehidupan sehari-hari dan karena media pembelajaran yang digunakan tidak berbasis teknologi, serta peralatan teknis yang tersedia di sekolah itu tidak digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan bantuan programmer yang didukung QuizWhizzer, serta mengukur perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Pengembangannya menggunakan model 4D (4D) yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan pengambilan keputusan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi media, angket validasi materi, angket respon siswa (utilitas), dan angket minat (efektivitas). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji nonnormalitas, uji t sampel berpasangan, dan uji N-gain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan materi statistika yang didukung QuizWhizzer sangat bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar siswa. (2) Pada saat produk media pembelajaran diujikan kepada siswa dengan menggunakan statistik yang didukung QuizWhizzer, rata-rata persentase siswa yang mencapai standar kepraktisan adalah 72,917%. (3) Berdasarkan skor kemenangan standar sedang sebesar 0,51, penggunaan media pembelajaran materi statistika didukung QuizWhizzer untuk meningkatkan minat belajar siswa. Peneliti menyarankan dengan dukungan QuizWhizzer diharapkan media pembelajaran modular ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan dikembangkan lebih lanjut hingga menghasilkan produk yang lebih menarik dan efisien.