ANALISIS FONOLOGIS PADA IKLAN “SARI WANGI, SAAT PERBEDAAN MEMISAHKAN, BICARA MENDEKATKAN”: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Kata Kunci:
Fonologis, SosiolinguistikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa dari segi penutur yang ada pada iklan “Sari Wangi, Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan” dengan memperhatikan aspek fonologis. Penelitian ini berfokus pada aspek fonologis pada bidang fonetik. Fonetik yaitu bagian dari bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi huruf tanpa membedakan maknanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa kata, frasa, kalimat dan intonasi yang ada pada iklan “SariWangi, Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan”. Dalam menyediakan data digunakan metode mencatat, menyimak dan mengamati pada iklan untuk memperkuat penelitian. Objek pada penelitian ini berupa unsur kebahasaan pada aspek fonologis yang terdapat pada iklan “Sari Wangi, Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan” dengan bersumber dari Youtube. Hasil pada penelitian ini adanya perbedaan bunyi huruf /e/, pengulangan kata “adat” dan aspek sosial berupa kesopanan atau kesantunan yang diucapkan oleh penutur kepada mitra tutur yang lebih tua atau pengucapan seorang istri kepada suaminya.