PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS MULTIKULTURAL

Penulis

  • Tua Monica Sidabutar Universitas Simalungun
  • Anggi Priscilya Pradya Ningrum Universitas Simalungun
  • Chelly Cristina Pakpahan Universitas Simalungun
  • Siti Habibah Aritonang Universitas Simalungun

Kata Kunci:

Implementasi, Teknologi AI, Literasi

Abstrak

Studi ini melihat bagaimana Literasi Budaya Multikultural dapat diterapkan melalui Teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Literasi budaya sangat penting untuk mengajarkan siswa untuk memahami, menghargai, dan berinteraksi dengan keberagaman budaya yang ada di masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa cara AI dapat digunakan untuk meningkatkan literasi budaya di sekolah-sekolah multikultural. Aplikasi kecerdasan buatan untuk literasi budaya meliputi pembuatan konten pembelajaran inklusif, pembelajaran adaptif berbasis budaya, penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk mengeksplorasi budaya, dan chatbot interaktif yang membantu keterampilan antarbudaya. Selain itu, AI memiliki kemampuan untuk memantau dan mengevaluasi bagaimana siswa memahami budaya mereka, serta membantu mereka bekerja sama dengan orang dari berbagai budaya. Dengan demikian, AI memiliki potensi besar untuk membantu pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif, memberikan siswa kesempatan untuk berkembang dalam lingkungan multikultural yang ramah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-22 — Diperbaharui pada 2025-01-23

Versi

Cara Mengutip

Tua Monica Sidabutar, Anggi Priscilya Pradya Ningrum, Chelly Cristina Pakpahan, & Siti Habibah Aritonang. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS MULTIKULTURAL. Prosiding SENDIK FKIP Universitas Peradaban, 2(1), 185–197. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/2145 (Original work published 22 Januari 2025)