Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Piring Mamalime di Bumiayu

Authors

  • Lufti Fitriani
  • Cici Widowati

Keywords:

packaging, price perception, brand, product quality, label, purchasing decision

Abstract

This study is a survey research which conducted on the consumer of Mamalime product in Bumiayu. This study investigates the influence of product attributes, which consisted of packaging, price perception, brand, product quality, and label, to the purchasing decision of Mamalime product consumer in Bumiayu. The population of this study are all of Mamalime product consumer in Bumiayu, and the total sample is 100 respondents which chosen by using non-probability sampling method (convenience sampling). Data that used in this study are consisted of primary data that are taken from questionnaire, and secondary data that are obtained from literatures. The result of this study shows that (1) packaging doesn’t significantly influence to the purchasing decision of Mamalime product consumer in Bumiayu, (2) price perception significantly influences to the purchasing of Mamalime product consumer in Bumiayu, (3) brand significantly influences to the purchasing decision of Mamalime product consumer in Bumiayu, (4) product quality significantly influences to the purchasing decision of Mamalime product consumer in Bumiayu, and (5) label doesn’t significantly influence to the purchasing decision of Mamalime product consumer in Bumiayu.

References

Akrom, M. C. (2013). Pengaruh kemasan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen kripik paru UMKM Sukorejo Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Arifiana, W. E., Sri, K. K., & Dahlan, F. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian (Survei pada ibu rumah tangga perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang pembeli deterjen Rinso). Jurnal Administrasi Bisnis, 1 (2).
Dewi, N. L. G. D. N., & Made, J. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone di kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2 (2).
Dharmmesta, B. S., & Handoko, H. T. (2011). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.
Evelina, N., Handoyo, D. W., & Sari, L. (2012). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkom flexi (Studi kasus pada konsumen telkom flexi di kecamatan kota Kudus kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic.
Fauziyyah, S. (2013). Pengaruh atribut produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene (Studi kasus pada masyarakat daerah Batu Ceper Tanggerang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2009). Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2007). Manajemen pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran: Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Terjemahan oleh Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Gery, A. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Laksana, F. (2008). Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lionwings. (2015). Sejarah (2013). Diakses 20 September 2015. http://www.lionwings.com.
Muntaha, L. S., Handoyo, D. W., & Reni, S. D. (2014). Pengaruh kualitas produk, iklan dan brand image terhadap keputusan pembelian sabun mandi Lux cair (Studi kasus pada konsumen/pengguna sabun mandi Lux cair di Swalayan Gelael Mall Ciputra. Diponegoro Journal of Social and Politic.
Prakosa, A. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Abdul’s Group Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika terapan: teori & aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Supramono, & Jony, O.H. (2005). Desain proposal penelitian studi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sussanto, H. & Widya, H. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Galaxy series. UG Jurnal. Vol. 7 No. 5.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Top Brand Award. (2015). Top brand index kategori sabun pencuci piring cair. Diakses 20 Maret 2015. http://www.topbrand-awards.com.
Virawan, W. A. (2013). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pengguna helm merek INK). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.
Wahyudi, D. (2015). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Mama Lemon di Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.
Yulindo, K. P. (2013). Pengaruh atribut-atribut produk terhadap keputusan pembelian green product cosmetics Sariayu Martha Tilaar di kota Padang. Jurnal Manajemen, 2 (1).
Zulkarnain, W. P., & Ulfah. (2013). Pengaruh kemasan, kualitas, merek dan harga terhadap keputusan pembelian sampo Pantene pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1 (4).

Published

2016-09-01

Issue

Section

Articles in JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) Vol. 4 No. 2