PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIS

Authors

  • Dwita Darmawati
  • Ekaningtyas Widiastuti

Keywords:

problem based learning, penalaran, komunikasi, pemecahan masalah, manajemen strategis

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan metode dan strategi pembelajaran. Tujuan Penelititan Tindakan Kelas ini adalah :1) Untuk mengetahui hal apa saja yang dianggap penting oleh mahasiswa dalam belajar; 2) Untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa dalam mempelajari Manajemen Strategis; 3) Mengevaluasi apakah pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah pada mata kuliah Manajemen Strategis. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi khususnya pada kelas Manajemen A dengan jumlah siswa 86 orang, pada saat mata kuliah Manajemen Strategis berlangsung.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan strategi Problem Based Learning (PBL), mahasiswa mempunyai tingkat kedisiplinan yang cukup tinggi dalam perkuliahan ini. Berdasarkan analisis baik proses maupun output pembelajaran, strategi PBL pada mata kuliah Manajemen Strategis mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah pada mata kuliah Manajemen Strategis. Hal ini dapat dilihat dari indikator baik proses maupun output yang sesuai atau bahkan melebihi target yang diharapkan.

References

Darmawati, D., Adawiyah, W. R., & Istiqomah. (2007). Kepuasan employer terhadap lulusan Fakultas Ekonomi (Studi tentang kebutuhan industri dan kinerja lulusan).
Darmawati, D., & Suwaryo. (2008). Evaluasi pembelajaran dengan pemberian tugas analisa kasus pada mata kuliah teori pengambilan keputusan.
Darmawati, D., dkk. (2008). Evaluasi pembelajaran dengan pemberian lembar kerja pada mata kuliah akuntansi manajemen.
Irawan, Prasetya. (2005). Evaluasi proses belajar mangajar. PAU untuk peningkatan pengembangan aktivitas instruksional Dirjen Dikti. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pribadi, B. A., & Putri, D. P. (2005). Ragam media pembelajaran. PAU untuk peningkatan pengembangan aktivitas instruksional Dirjen Dikti. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudarsono, F. X. (2005). Aplikasi penelitian tindakan kelas. PAU untuk peningkatan pengembangan aktivitas instruksional Dirjen Dikti. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Zainul, Asmawi. (2005). Alternatif assessment. PAU untuk peningkatan pengembangan aktivitas instruksional Dirjen Dikti. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Published

2014-03-01

Issue

Section

Articles in JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) Vol. 2 No. 1