KOHESI LEKSIKAL WACANA IKLAN ADVERTORIAL PADA SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA EDISI JANUARI 2022

Penulis

  • Ismi Jabah
  • Mulasih Mulasih

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v2i1.1197

Kata Kunci:

kohesi leksikal, iklan advertorial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk penggunaan kohesi leksikal wacana iklan advertorial pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial dan objek penelitian ini adalah surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik membaca dan mencatat bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial berupa repetisi, sinonim, antonim, dan hiponimi.

Diterbitkan

2022-09-13