MEDIA MANIPULATIF DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MELAKUKAN OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 RAWALO TAHUN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1221Keywords:
kemampuan, media, siklus, tuntasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Media Manipulatif dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Melakukan Operasi Bilangan Pecahan dengan Penyebut Berbeda Kelas V Semester II SD Negeri 1 Rawalo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK), dimana penelitian dilakukan melalui tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penulis mengumpulkan data secara simultan pada setiap tahap dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra Siklus siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 16 siswa (76%). Pada Siklus I peserta didik yang belum tuntas belajar sebanyak 12 siswa (43%). Pada siklus II peserta didik yang belum tuntas belajar sebanyak 2 siswa (10%). Dengan demikian siswa yang tuntas pada perhitungan pra siklus, siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan yang cukup drastis.