MONITORING INTERNAL DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER DENGAN APLIKASI HBBI K-13 SEMESTER I SD NEGERI LOCONDONG
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1222Keywords:
aplikasi, hasil, penilaian, siklusAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan sekolah yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun laporan hasil belajar akhir semester dengan Aplikasi HBBI (Hasil Belajar dan Buku Induk) Semester I SD Negeri Locondong Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan menjadi tiga tahap, yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai Baik (B) dan Amat Baik (AB) sejumlah 57,14% sedangkan nilai Cukup (C) sejumlah 42,86, pada Siklus I ada kenaikan menjadi 71,43% untuk nilai Baik (B) dan Amat Baik (AB) dan nilai Cukup (C) sejumlah 28,57%. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian untuk bisa mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu perolehan nilai di atas 75% melalui pelaksanaan Siklus II dimana hasilnya adalah didapat nilai 92,86% untuk nilai Baik dan Amat Baik sedangkan nilai Cukup (C) sebanyak 7,14%. Berdasarkan hal itu maka dapatlah dikatakan bahwa penelitian Tindakan sekolah ini mendapatkan keberhasilan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam Menyusun laporan hasil belajar akhir semester dengan aplikasi HBBI K-13.