PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA PADA SISWA KELAS V SDN 2 RAWALO

Authors

  • Sukirah Sukirah

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1223

Keywords:

matenatika, pembelajaran, prestasi, , problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Penyebut Berbeda Siswa Kelas V SDN 2 Rawalo Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Jadi penelitian ini merupakn Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditujukan untuk memberikan perlakukan khusus, yaitu meningkatkan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II didapat kenaikan prestasi belajar setelah guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Peningkatan tersebut ditandai dengan hasil bahwa pada Pra Siklus siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 24 anak (75%). Pada Siklus I siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 17 anak (53%), kemudian pada siklus 2 siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 5 anak (16%) sehingga tingkat ketuntasan di akhir siklus 2 sebanyak 27 anak (84%).

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles