KEGIATAN IN HOUSE TRAINING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP SESUAI STANDAR PROSES DI SD NEGERI 1 SIDAMULIH KORWILCAM DINDIK RAWALO

Authors

  • Tohidin Tohidin

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1224

Keywords:

kemampuan, guru, menyusun, RPP

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah kegiatan in House Training dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai standar proses di SD Negeri I Sidamulih Korwilcam Dindik Rawalo Tahun Ajaran 2021/ 2022. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan sekolah. Data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam Menyusun RPP sesuai standar proses setelah dilaksanakan in house training. Jumlah guru yang memperoleh skor sesuai kriteria dengan kategori Sangat Baik (SB) pada pra siklus sebanyak 0 orang atau 0 %, pada siklus I belum mengalami peingkatan, namun pada siklus II meningkat menjadi 1 orang atau 10%. Jumlah guru yang memperoleh nilai dengan kategori Baik (B) sebelum dilakukan tindakan sebanyak 2 orang atau 20%, pada siklus I meningkat menjadi 5 orang atau 50%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8 orang atau 80%. Jumlah guru yang memperoleh nilai dengan kategori Cukup (C) sebelum dilakukan tindakan sebanyak 0 orang atau 0 %, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 2 orang atau 20% dan pada siklus II mengalami penurunan lagi menjadi 1 orang atau 10%. Sedangkan jumlah guru yang memperoleh nilai dengan kategori kurang (K) sebelum dilakukan tindakan sebanyak 8 orang atau 80%, pada siklus I masih tetap 2 orang atau 20%, tetapi pada siklus II mengalami penurunan menjadi 1 orang atau 10%.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles