MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PENYEBUT BERBEDA DI KELAS V SD NEGERI PESAWAHAN

Authors

  • Wilis Gunanti

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1225

Keywords:

hasil belajar, google classroom, matematika, pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media google classroom dalam meningkatkan aktivitas belajar Matematika penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di Kelas V SD Negeri Pesawahan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian Tindakan kelas menunjukkan bahwa pada pra-siklus siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 11 anak (58%). Pada siklus I peserta didik yang belum tuntas belajar sebanyak 8 anak (42%). Setelah melalui tindakan perbaikan, siswa yang belum tuntas belajar menjadi 5% pada siklus 2. Jadi dapat dikatakan penelitian ini mengalami keberhasilan.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles