PENGARUH PEMBELAJARAN MUFRADAT BERBASIS MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV MI NEGERI 03 BREBES
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1226Keywords:
pembelajaran mufradat, media flash card, hasil belajar kognitifAbstract
Hal yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar siswa kelas IV MI Negeri 03 Brebes memiliki hasil belajar kognitif yang masih rendah. Guru hanya menerapkan media pembelajaran konvensional dan belum menerapkan inovasi media pembelajaran. Penguasaan mufradat siswa belum mencapai standarisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetaguhui apakah ada pengaruh pembelajaran mufradat berbasis media flash card terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV MI Negeri 03 Brebes tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran mufadat berbasis media flash card terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV MI Negeri 03 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Dikatakan demikian karena dari hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji T diperoleh nilai thitung dan Sig. (2-tailed) yang berada pada daerah penolakan H0, yaitu thitung > ttabel (thitung > ttabel, yaitu: 14.827 > 2,042) dan Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05). Adapun besaran pengaruh yang ditimbulkan tersebut sebesar 88%, sedangkan 12% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.