ANALISIS PERAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MENUM-BUHKAN KARAKTER SISWA KELAS II SD NEGERI KUTAMENDALA 03

Authors

  • Egaria Dwi Nastiti
  • Yuni Suprapto

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1227

Keywords:

Peran Budaya, Pendidikan Karakter

Abstract

Budaya sekolah merupakan sekumpulan kegiatan, tradisi, kebiasaan sehari-hari yang ada disekolah dipraktikan oleh kepala sekolah, guru dan siswa. Permasalahan yang terjadi di kelas II SDN Kutamendala 03 ini ialah masih banyak siswa yang menunjukan sikap menyimpang atau melanggar aturan yang ada disekolah  seperti, terlambat datang kesekolah, cara berpakaian tidak sesuai jadwal seragam harian, tugas yang mengerjakan orang tua. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis kegiatan pembioasaan dan peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas II. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dilakukan pada 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas II, seluruh siswa kelas II. Metode pengumpulan data menggunakan  wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian angket  indikator 1, 76% siswa mampu melaksanakan budaya prestasi,  indikator 2 sebanyak 75% siswa mampu melaksanakan budaya membaca, indikator 3 75% siswa mampu menerapkan budaya religius, indikator 4 setara 56% siswa belum sepenuhnya menerapkan budaya disiplin secara teratur, indikator 5 setara 63% siswa mampu menerapkan budaya jujur, indikator 6 setara 74%  siswa mampu melaksanakan budaya kerja sama. Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas II SD Negeri kutamendala 03 bahwa telah  nampak adanya perubahan sikap dan  perilaku pada siswayang telah diberikan guru, sehingga perlu adanya kerjasama baik antara guru dan siswa.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles