ANALISIS PERUBAHAN KEMAMPUAN KREATIF MAHASISWA SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS TUGAS TAKE HOME PADA MATERI STRATEGI PEMBELAJARAN SD

Authors

  • Diyah Ayu Retnoningsih

Keywords:

kempuan kreatif, Pembelajaran Online dan Strategi Pembalajaran SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi materi pembelajarm strategi pembelajaran di masa pandemi COVID-19 sebagai solusi yang tepat dalam meningkatkan minat belajar Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) agar tetap aktif dalam partisipasi mengikuti kegiatan pembelajaran online dengan baik, benar, tuntas dan bermakna. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa program studi guru SD tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 73 mahasiswa Universitas Peradaban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa selama mengikuti pembelajaran online tugas take home pada materi strategi pembelajaran SD mampu menunjukan kreatifitasnya melalui cara yang berbeda untuk mencapai a). CPMK 1 dengan rata-rata pencapaian presentase 89% dari niali max 100% dari jumlah mahasiswa 73 orang, b). CPMK 2 : Mampu mengaplikasikan konsep Strategi Pembelajaran SD di setiap golongan secara baik dan benar presentase 94% dari niali max 100% dari jumlah mahasiswa 73 orang, c) CPMK 3 : Mampu menguasai teori dan teknik Strategi Pembelajaran SD di setiap golongan presentase 82 % dari niali max 100% dari jumlah mahasiswa 73 orang, dan d) CPMK 4 : Mampu mengaplikasikan teori Strategi Pembelajaran SD dalam kehidupan khususnya dunia pendidikan dan sebagai warga masyarakat presentase 89% dari niali max 100% dari jumlah mahasiswa 73 mahasiswa. Hasil ditas 85% menunjukan adanya dampak perubahan kemampuan kreatifitas mahasiswa selama pembelajaran Online.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles