EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBASIS STEM-NOS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI KALIERANG 01
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1229Keywords:
Literasi Sains, PJBL, STEM, NOSAbstract
Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan rendahnya literasi sains siswa di sekolah dasar, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS terhadap literasi sains siswa kelas V SD negeri kalierang 01. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengumpulan data kemampuan literasi sains dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil uji independent sample t test pada penelitian ini menunjukkan nilai sig. sebesar 0,01 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, kemampuan literasi sains siswa yang pembelajarannya menggunakan model PJBL berbasis STEM-NOS lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil uji paired sample t test menunjukan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan hal tersebut makan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS efektif terhadap literasi sains siswa.