PERAN BIMBINGAN BELAJAR NURIL AMIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD DI BUMIAYU

Authors

  • Jihan Syifa Khaerunisa
  • Yuni Suprapto
  • Umi Chabibatus Zahro

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1230

Keywords:

Peran Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar Siswa

Abstract

Peran bimbingan belajar Nuril Amin membantu orang tua siswa di bimbingan belajar Nuril Amin mengeluh karena belum optimal dalam membimbing dan mengarahkan, apalagi mengajari anak-anaknya dalam belajar dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Bimbingan Belajar Nuril Amin Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar kelas III, IV, V, VI di Bumiayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan datanya dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar Nuril Amin di Bumiayu dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, kemandirian belajar siswa meningkat setelah mengikuti bimbingan belajar. Bimbingan belajar juga sangat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar di rumah dan membantu orang tua yang memiliki keterbatasan pemahaman dalam membimbing anak belajar.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles