IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV

Authors

  • Fera Budiarti
  • Adnan Yusufi

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.1352

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan penilaian autentik di lapangan yang masih mengalami kendala. Masalah yang dihadapi adalah tidak semua teknik penilaian autentik dilaksanakan dalam satu tema pembelajaran disebabkan karena waktu yang tidak memungkinkan dan disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri Kretek 04. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik. Guru dalam merencanakan penilaian mengacu pada perencanaan pembelajaran. Guru melaksanakan penilaian autentik mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Penilaian pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian keterampilan menggunakan teknik tes praktik, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian produk. Evaluasi implementasi penilaian autentik memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Guru hendaknya lebih mempersiapkan instrumen penilaian dan bisa mengatur waktu dalam melaksanakan penilaian autentik.

 

Kata kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik

Downloads

Published

2020-03-04