PENGARUH MEDIA PERMAINAN BALOK SUSUN TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.1353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media permainan balok susun terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas I SD Negeri Kretek 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kretek 01 Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakkan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian dengan perhitungan menggunakan SPP di peroleh nilai sign 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai sign < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak. Hal ini bermakna bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan balok susun terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas rendah. Besarnya pengaruh media permainan balok susun terhadap keterampilan motorik halus siswa dilihat dari R square sebesar 88,6 %.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Permaina Balok Susun, Motorik Halus.