EFEKTIVITAS MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS IV DI SDN SE-GALUHTIMUR KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES

Authors

  • Muhamad Ridlo Munfarid
  • Sofri Rizka Amalia
  • Anwar Ardani

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.1354

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Group Investigation terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS kelas IV di SDN Se-Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan true exsperimental design, rancangan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Desa Galuhtimur, yang terdiri dari lima SD, yaitu SDN Galuhtimur 01, SDN Galuhtimur 02, SDN Galuhtimur 03, SDN Galuhtimur 04, dan SDN Dukuh Tengah. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Galuhtimur 04 dan SDN Dukuh Tengah. Analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 2,705 dan ttabel sebesar 2,457 sehingga thitung > ttabel, yaitu 2,705 > 2,457. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya kemampuan pemahaman konsep IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model group investigation lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas IV di SD Negeri se-Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar IPS.

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles