PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI PRUPUK SELATAN 03 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Oktavia Ayu Fazriah
  • Muh. Luqman Arifin
  • Anwar Ardani

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.1355

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program sekolah ramah anak dan bagaimana peran kepala sekolah dalam implementasi program sekolah ramah anak di SD tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala SD Negeri Prupuk Selatan 03. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program sekolah ramah anak meliputi tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Adapun peran kepala sekolah dalam implementasi program sekolah ramah anak tersebut yaitu sebagai educator, manager, motivator,, serta supervisor.

 

Kata kunci: Kepala sekolah, sekolah ramah anak

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles