EFEKTIVITAS MODEL PEER TEACHING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU LKS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING, LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Authors

  • Fani Indriyani Universitas Peradaban
  • Eka Farida Fasha Universitas Peradaban
  • Anwar Ardani

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.1356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran peer teaching  dengan pendekatan kontekstual berbantu LKS terhadap hasil belajar siswa materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar dan peningkatan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian pre-eksperimen design, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Kalijurang 01. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas III SD N Kalijurang yang berjumlah 18 siswa. Analisis yang digunakan diantarannya yaitu uji one sample t-test, uji proporsi, dan uji paired sample.

Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh rata-rata hasil belajar siswa telah melampaui KKM terdapat 15 siswa tuntas KKM. Rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 83% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 72,8. Pada uji paired sample t-test menunjukan hasil perhitungan rata-rata pretest 56,06 dan rata- rata posttest 59,56 atau dengan besar signifikansi 0,001<0,05, maka H0  ditolak. Keputusan uji adalah adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan antara hasil pretest dengan hasil posttest. Karena memenuhi kriteria keefektifan yang telah ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa model peer teaching dengan pendekatan kontekstual berbantu LKS efektif terhadap hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang.

 

Kata kunci: Model Peer Teaching Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu LKS, Hasil Belajar

Downloads

Published

2021-09-12

Issue

Section

Articles