EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI TONJONG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Rika Aryani Universitas Peradaban
  • An Nur Ami Widodo Universitas Peradaban
  • M. Shofi Mubarok Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.1357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM serta mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, dan uji beda rata-rata.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM. Rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 81,73 lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,00. Rata-rata keaktifan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 82,46 lebih baik dibandingkan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,61. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifaan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share. Prestasi Belajar IPA, Keaktifan.

Downloads

Published

2021-09-12

Issue

Section

Articles