ANALISIS SELF EFFICACY SISWA MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH SELAMA MASA PANDEMI DITINJAU DARI GENDER

Authors

  • Mia Nur Hidayah
  • Ujang Khiyarusoleh Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.1359

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Self Efficacy (keyakinan diri) Siswa Mengerjakan Tugas Sekolah Selama Masa Pandemi Ditinjau dari Gender SD Negeri Tanggeran 01 Tonjong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tanggeran 01 Tonjong. Hasil penelitian menunjukkan Self efficacy (keyakinan diri) siswa dalam mengerjakan tugas sekolah dilihat berdasarkan hasil analisis yang diperoleh antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam mengerjakan tugas sekolah selama masa pandemi berdasarkan 3 tingkat yaitu, yang lebih dominan adalah dari tingkat kekuatan (strength). Hal ini dapat dilihat dari usaha atau tindakan yang dilakukan oleh siswa ketika mengalami kesulitan atau hambatan dalam mengerjakan tugas selama masa pandemi. Sehingga dalam hal ini, terdapat perbedaan keyakinan diri antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam mengerjakan tugas sekolah.

 

Kata kunci: Self Efficacy, Tugas Sekolah, Gender

Downloads

Published

2022-03-23

Issue

Section

Articles