MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM BINA DIRI MAKAN PADA ANAK AUTIS DI SDLB MUTI-ARA HATI BUMIAYU. SKRIPSI, JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PERADABAN
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.1360Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan kemandirian melalui program bina diri makan pada anak autis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. subjek penelitian adalah dua anak autis di SDLB Mutiara Hati Bumiayu dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Dan teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; setiap anak autis mempunyai kemampuan makan yang berdeda-beda, dan karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, sehingga memerlukan penanganan yang berbeda pula. guru melakukan asesmen untuk menggali informasi, kondisi, kemampuan, serta kebutuhan belajarnya. pelaksanaan program bina diri makan meliputi, program bina diri, pelaksanaan program bina diri, dan evaluasi program bina diri.terdapat dua faktor dalam pelaksanaan program bina diri makan yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Program bina diri makan di SDLB mutiara hati di khususkan untuk anak autis agar mengurangi ketergantungan pada orang lain.
Kata kunci: Kemandirian, Bina Diri Makan Anak Autis