PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI WINDUAJI 03 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. SKRIPSI. JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.1362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam penerapan gerakan literasi di SD Negeri Winduaji 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan juga orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam penerapan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Winduaji 03 adalah sebagai fasilitator, pengarah, evaluator, pegelola kelas dan penasehat. Sedangkan peran orang tua adalah sebagai contoh (teladan), penasehat, dan fasilitator.
Kata kunci: Peran Guru, Peran Orang Tua, Gerakan Literasi Sekolah