Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam penerapan gerakan literasi di SD Negeri Winduaji 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas d

Authors

  • Nida Nur Hidayah Universitas Peradaban
  • Umi Chabibatus Zahro Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.1363

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata kemampuan membaca menulis permulaan siswa metode pembelajaran SAS dengan bantuan gambar dan kartu huruf lebih baik dari konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekseperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Kluwut 04. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas 1A SD Negeri Kluwut 04 yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas 1B yang berjumlah 22 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T sampel independen.Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,96 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh  ttabel  sebesar (4,709 ≥ 2,021) sehingga thitung ≥ ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu rata-rata kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran SAS berbantuan media gambar dan kartu huruf efektif terhadap kemampuan membaca menulis permulaan pada materi Tema 8 Subtema 1.

 

Kata kunci: Struktural Analitik Sintetik, Media Gambar dan Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Menulis Permulaan

 

Downloads

Published

2020-09-06