PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI KELAS IV SD NEGERI SRIDADI 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI KELAS IV SD NEGERI SRIDADI 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i2.1365Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam model pembelajaran, penerapan model pembelajaran inovatif dan mengetahui analisis kelebihan kekurangan model pembelajaran inovatif yang digunakan guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model-model pembelajaran inovatif diterapkan secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Model-model pembelajaran inovatif yang diterapkan yaitu model pembelajaran example non example sudah relatif bagus untuk mata pelajaran SBdP, bamboo dancing (tari bambu) sudah cocok untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan hands on activity sudah bagus digunakan untuk mata pelajaran IPA. Masing-masing model pembelajaran dapat menggali pengetahuan siswa karena siswa berpartisipasi aktif dengan cara mendemonstrasikan hasil diskusi dan menerjunkan siswa langsung dalam kehidupan nyata. Dalam menerapkan model-model pembelajaran guru membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kurang maksimal dalam menerapkan model-model pembelajaran tersebut.
Kata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Inovatif