PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1405Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN Jembayat 1 yang jadikan sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen yang rancang dengan penelitian kelompok kontrol pretes dan postes. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jembayat 3 yang di jadikan sebagai kelas Eksperimen dan SDN Jembayat 1 yang jadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala sikap motivasi belajar, Format observasi, wawancara, dan jurnal. Hasil dalam penelitian menggunakan taraf signifikan 0,05 yang menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, begitu juga dengan metode konvensional juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Penggunaan Metode Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar pada kelas eksperimen secara signifikan lebih baik daripada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Dari penjelasan di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) mendapat tanggapan baik dari siswa kelas eksperimen.
Kata kunci: motivasi belajar, problem based learning