PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LADINGBOME (SKALA & PERBANDINGAN BOARD GAME) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shofiyatul Fitriya Universitas Peradaban
  • Diyah Ayu Retnoningsih Universitas Peradaban
  • Umi Chabibatus Zahro Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1406

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang monoton di sekolah dasar dan motivasi belajar siswa rendah. Sehingga, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Ladingbome untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Dengan Subjek Uji adalah kelas V SD Negeri Langkap 03 dan SD Negeri Jatisawit 03. Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D mengunakan model pengembangan Borg dan Gall (2003: 415). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji independen sample t-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,021 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media Ladingbome terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Board Game, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2023-03-20