ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN MENDALA 03 KECAMATAN SIRAMPOG

Authors

  • Fatimatun Nisa Universitas Peradaban
  • Umi Chabibatus Zahro Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1408

Abstract

Proses pembelajaran yang biasa terjadi ialah secara tatap muka antara guru dan siswa, tetapi berbeda pada masa pandemi covid-19 seperti ini, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Belajar dari rumah menuntut orang tua untuk mendampingi proses pembelajaran, agar anak tidak ketinggalan dalam proses pembelajaran dan orang tua lebih mengetahui proses pembelajaran pada anaknya. Peran orang tua merupakan tingkah laku yang dilakukan oleh ayah dan ibu untuk mempertanggung jawabkan bersama-sama dalam menjalankan kewajiban berdasarkan anak-anaknya dengan tujuan terbaik untuk anaknya di masa mendatang. Penelitian ini penggunakan jenis penelitian kualilatif dengan pendekatan menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi, sedangkan pada analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bahwa peran orang tua sebagai motivator, peran orang tua sebagai pengganti guru atau pendidik, dan peran orang tua sebagai fasilitator dibutuhkan oleh anak serta dapat berpengaruh terhadap proses pembelajaran anak terutama pada pembelajaran jarak jauh pada masa covid-19.

 

Kata kunci: Covid-19, Peran Orang Tua, Pembelajaran Anak

Downloads

Published

2023-03-20