PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SD NEGERI PRUPUK SELATAN 03
Abstract
Sekolah Dasar Negeri Prupuk Selatan 03 berlokasi di kecamatan Margasari Kabupaten Tegal yang sudah mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata. Dalam mewujudkan Sekolah Adiwiyata tersebut tidak lepas dari peran penting Kepala Sekolah sebagai pemimpin Sekolah untuk selalu berupaya dalam meningkat mutu pendidikan disekolahnya. Salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pendidikan dengan menjadikannya sekolah Adiwiyata sebagai upaya penyelamatan lingkungan di instansi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja peran Kepala Sekolah dalam mewujudkan Sekolah Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan datanya yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa peran kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri Prupuk Selatan 03 antara lain kepala sekolah berperan sebagai educator, manager, supervisor, motivator dan leader.
Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Program Sekolah Adiwiyata