EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING SYSTEM BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Izatun Nisa Universitas Peradaban
  • Anwar Ardani

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1410

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN Wanatirta 02 dan SDN Wanatirta 04. Hal ini perlu dikembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis outdoor learning system berbantuan media benda konkret dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dan dalam penerapan model pembelajaran CTL berbasis outdoor learning system berbantuan media benda konkret dapat meningkatkan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini kuantitatif Quasi Experimental. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisi menggunkan uji T sampel independent dan uji one sampel. Hasil penelitian ini menunjukan diperoleh Thitung > Ttabel yaitu, 14, 085 > 1,997 maka Ho diterima. Uji yang ke dua diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 10,727 > 2,045 maka Ho diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar IPA yang diajarkan model pembelajaran CTL berbasis OLS berbantuan media benda konkret lebih baik dan dapat tuntas secara KKM.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran CTL, Outdoor Learning system, Media benda Konkret, hasil belajar IPA.

Downloads

Published

2023-03-20