PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SD NEGERI TANGGERAN 01

Authors

  • Rosita Dewi Astuti Universitas Peradaban
  • Adnan Yusufi Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1411

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 yang memunculkan kegiatan-kegiatan pembelajaran daring dengan pemanfaatan Smartphone sebagai media pembelajara daring, pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di SD Negeri Tanggeran 01 tersebut sudah dilaksanakan pada bulan Maret, Pembelajaran Daring tersebut sudah direncanakan oleh pihak sekolah baik Kepala Sekolah maupun Guru. Di SD Negeri Tanggeran 01 telah menerapkan pembelajaran Daring sesuai himbauan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran daring, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir tersebarnya virus korona di Kecamatan Tonjong, untuk itu SD Tanggeran 01 dalam proses pembelajaranya menerapkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan media smartphone sebagai alat pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Smartphone sebagai media pembelajaran daring di Kelas V SD Negeri Tanggeran 01, yang dimanfaatkan oleh guru dengan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu Guru dan siswa kelas lima SD Negeri tanggeran 01. Teknik pengupumpulan datanya yaitu observasi tersamar atau terus terang, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu redukasi data (data reducation), penyajian data (data display), dan verifikasi data (conclusion).

 

Kata kunci: Pembelajan daring, Smartphone, Pemanfaatan media

Downloads

Published

2023-03-20