UPAYA GURU DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN BELA-JAR PASCA PANDEMI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TINGGARJAYA

Authors

  • Almira Bintang Fatya Universitas Peradaban
  • Adnan Yusufi Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1412

Abstract

Permasalahan Penelitian ini ditemukan pada saat peneliti melakukan wawancara di SD Negeri 2 Tinggarjaya. Permasalahannya adalah siswa masih kurang percaya diri, ketika diberi pertanyaan masih takut untuk menjawab, ketidakyakinan tersebut berdampak pada perilaku individu memandang dirinya sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan suatu tugas dan menjadi kurang disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam membina kemandirian belajar pasca pandemi siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam membina kemandirian belajar pasca pandemi siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil pada penelitian ini yaitu upaya guru dalam membina kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya secara umum berhasil, guru sebagai pengajar untuk meningkatkan disiplin siswa dalam belajar, guru sebagai pembimbing untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa dalam belajar, guru sebagai motivator untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar. Adapun upayanya yaitu memberikan sanksi kepada siswa yang telat masuk kelas berupa meminta maaf didepan teman kelas, menjadi intruktur pemimpin dalam melaksanakan pemanasan dan membereskan perlatan olahraga sehabis selesai berolahraga dan menghafalkan surah- surah pendek. membiasakan siswa bertanya jika ada yang masih bingung dalam materi.

 

Kata kunci: Upaya Guru, Kemandirian Belajar, Pasca Pandemi, SD Negeri 2 Tinggarjaya

Downloads

Published

2023-03-20