FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MI TARBIYATUL MUSTOFA SIGEDONG

Authors

  • Novi Astuti Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1413

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Mustofa Sigedong. Membaca permulaan merupakan kemampuan membaca dasar pada jenjang pendidikan dasar dan sekolah dasar (SD/MI). Sedangkan pada Siswa kelas II MI Tarbiyatul Mustofa siswa belum mampu mengeja perkata, belum mampu mengenal huruf dengan baik dan menyuarakanya dengan benar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Tarbiyatul Mustofa Sigedong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini melalui observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Guru dan Siswa kelas II MI Tarbiyatul Mustofa Sigedong serta orang tua siswa menghasilkan dari 10 terdapat 4 siswa masih mengalamai kesulitan dalam membaca permulaan. Dari kesulitan membaca permulaan tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor internal seperti faktor fisiologis, faktor intelektual dan faktor minat baca siswa sedangkan faktor ekseternal yaitu seperti faktor sosial ekonomi keluarga, faktor lingkungan dan lain-lain.

 

Kata kunci: Kesulitan membaca permulaan, faktor-faktor, siswa kelas II MI

Downloads

Published

2023-03-20