DISABO BERBASIS KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KEBENCANAAN DI SEKOLAH DASAR PENINGKATAN

Authors

  • Dwi Hesty Kristiyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i2.146

Keywords:

DISABO, Kartun, Pendidikan Bencana, Sekolah Dasar

Abstract

Indonesia merupakan negera kepulauan yang wilayah daratannya banyak di kelelilingi gunung api aktif. Selain itu, curah hujan yang tinggi dan karakteristik tanah yang labil, menyebabkan beberapa daerah di Indonesia rawan bencana tanah langsor. Indonesia yang berada di antara lempengan antar benua dan dikelilingi ring of fire menyebabkan potensi gempa sangat tinggi di Indoensia. Pegunungan api aktif yang berada di Indonasia berpotensi bencana gunung meletus dan gempa serta polusi udara. Salah satu upaya untuk mendukung pencegahan korban bencana alam di Indonesia yaitu memberikan pendidikan kebencanaan sebagai upaya mitigasi bencana untuk anak-anak.

Karakteristik wilayah Indoenesia yang berpotensi rawan bencana tanahlangsor, banjir, gunung meletus, dan Pentingnya pendidikan kebencanaan yang di ingtegrasikan melalui mata pelajaran di sekolah. Pendidikan kebencanaan belum diajarkan di sekolah-sekolah. Belum adanya pelatihan tentang pendidikan kebencanaan untuk guru dan kurangnya media menjadi faktor belum dilaksanakannya pendidikan kebencanaan di sekolah dasar. Oleh karena itu, penyusunan media yang mendukung pendidikan kebencanaan, penting dikuasai oleh guru.

DISABO (Disaster Smart Book) merupakan sebuah gagasan burupa media pendidikan untuk melaksanakan pendidikan bencana di sekolah dasar. DISABO berupa buku yang memuat informasi tentang jenis-jenis bencana, tindakan penyelamatan ketika terjadi bencana, dan upaya yang dilakukan untuk melestarikan alam. DISABO ini dikemas dengan sebuah alur cerita. Teknik kartun digunakan untuk membudahkan siswa memahami konten informasi dari ilustrasi visual tentang materi. DISABO disusun berdasarkan analisis materi yang ada di sekolah dasar dengan materi tentang kebencanaan. Pemilihan tema yang menarik perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa membaca DISABO. Adanya DISABO ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang kebencanaan sehingga sudah siap jika menghadapi peristiwa bencana alam.

Downloads

Published

2017-09-17