UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGUBAH TEKS CERITA PENDEK MENJADI TEKS DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELAS IX C SEMESTER 2 SMP NEGERI 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Wiji Astuti

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i2.148

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, keterempilan menulis, teks drama

Abstract

Berdasarkan permasalahan utama yaitu materi menulis teks drama merupakan materi yang sulit dilaksanakan. Peserta didik merasakan kesulitan dalam menulis teks drama, maka penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif  yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mengubah teks cerpen menjadi teks drama kelas IX C  semester 2 SMP Negeri 2 Cilongok tahun pelajaran 2016/ 2017.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu pratindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan menulis mengubah teks cerpen menjadi teks drama. Pada tahap pratindakan keterampilan menulis mengubah teks cerpen menjadi teks drama masih rendah yaitu 65,57 dengan kategori cukup, dan dari 30 peserta didik baru 3 anak (10%) yang sudah mendapatkan nilai di atas KKM yang telah ditentukan sebesar 75. Pada siklus I keterampilan menulis mengubah teks cerpen menjadi teks drama meningkat menjadi 77,33 dengan kategori baik, dan sejumlah 26 peserta didik (86,67) sudah mendapatkan nilai di atas KKM. Pada siklus II, hasil tes keterampilan menulis mengubah teks cerpen menjadi teks drama drama rata-rata nilainya meningkat dibandingkan dengan siklus I sebesar 85,17 dengan kategori sangat baik, semua peserta didik sudah mendapatkan nilai di atas KKM.

Downloads

Published

2017-09-17