PENERAPAN LAGU ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE RECIPROCAL LEARNING

Umi Chabibatus Zahro, M.Pd.I

Authors

  • Umi Chabibatus Zahro

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.153

Abstract

Tujuan penelitian ini memberikan inovasi terhadap pembelajaran bahasa Arab yang masih monoton dan belum memberikan kenyamanan belajar siswa, sehingga hadirnya penerapan lagu Arab dapat respon yang positif bagi siswa dan guru-guru yang ada di sekolah. Metode Penelitian yang digunakan kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan pada kondisi yang alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif yaitu fakta-fakta yang ada diuraikan kemudian baru dirumuskan menjadi sebuah kesimpulan.

Hadirnya lagu-lagu Arab menjadikan siswa senang terhadap pelajaran bahasa Arab. Lagu Arab yang disajikan pun masih relatif mudah dan sesuai dengan karakter siswa yang notabene nya masih suka belajar sambil bermain. Materi dapat tersampaikan dengan adanya media lagu yang disajikan oleh guru, sehingga siswa pun merasa belajar dengan suasana yang menyenangkan, tujuan pembelajaran pun tercapai sesuai target. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode reciprocal learning, metode ini digunakan untuk menghantarkan siswa dari mulai langkah awal itu memperagakan peran sampai langkah akhir bertukar peran. Langkah demi langkah yang ada dalam metode ini mendukung adanya lagu arab yang disajikan oleh guru, sehingga siswa dapat memainkan perannya dalam setiap kegiatan, dan siswa mampu memahami apa yang disajikan dalam setiap pembelajaran.

 

Published

2017-10-02