KONSEP DASAR PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK MENURUT JEAN PIAGET
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.17Keywords:
konsep dasar, perkembangan kognitif, Jean PiagetAbstract
Salah satu ranah perkembangan yang menjadi salah satu fokus perhatian dalam pendidikan adalah ranah kognitif. Istilah kognitif berasal dari kata cognition yang memiliki padanan kata knowing (mengetahui). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah library research. Penelitian ini memfokuskan pada konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget.
Hasil menunjukkan bahwa Hakikat perkembangan kognitif adalah perkembangan kemampuan berpikir operasional formal dengan ditandai dengan kemampuan berpikir abstrak dan kemampuan berpikir deduktif-hipotetik, perkembangan individu dalam kemampuan kognitif tidak bisa diukur secara umum, karena masih ada faktor determinan yang menentukan kemampuan kognitif, seperti kebudayaan dan lingkungan sosial, Implikasi teori Piaget dalam proses pendidikan adalah membantu para pendidik untuk memahami tahap dan karakteristik perkembangan kognitif peserta didik sehingga membantu pendidik untuk menentukan tingkat kognitif peserta didik dan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif para peserta didik.
Kata kunci: konsep dasar, perkembangan kognitif, Jean Piaget