UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN KOSA KATA TERKAIT ENERGI DAN PERUBAHANNYA ME-LALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BER-BANTUAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS III SEMSTER II SD NEGERI ADIWERNA 01 KECAMA

Authors

  • Andriyani Andriyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia materi menemukan Kosakata terkait energi dan perubahannya melalui model pembelajaran Talking Stick berbantuan media powerpoint pada siswa kelas III SDN Adiwerna 01, 2) meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menemukan Kosakata terkait energi dan perubahannya melalui model pembelajaran Talking Stick berbantuan media power point pada siswa kelas III SDN Adiwerna 01. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2023 di SDN Adiwerna 01. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus  dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Pada siklus II peneliti menerapkan model pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Powerpoint. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus 1, dan siklus 2, baik untuk aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) pada pembelajaran siklus I kebanyakan siswa sudah aktif walaupun masih ada siswa yang tingkat keaktifannya masih kurang. Pada kondisi awal tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 36% sedangkan 64% siswa belum tuntas belajar. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kondisi awal 64,29 menjadi 73,04 pada hasil nilai rata-rata tes siklus I, 2) pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa atau 96% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 siswa atau 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil tes siswa pada siklus II ini nilai rata-ratanya adalah 85,00. Berdasarkan prosentase ketuntasan pada Siklus II yang telah melebihi capaian dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan, maka penelitian ini tidak perlu dilakukan tindakan siklus berikutnya.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Talking Stick, motivasi belajar, hasil belajar siswa

Downloads

Published

2023-09-09