ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Peradaban
  • Umi Chabibatus Zahro Universitas Peradaban

Abstract

Kemampuan membaca siswa kelas V masih tergolong rendah. Terdapat siswa yang belum lancar membaca, belum bisa memahami kata atau kalimat, dan kurang antusias dalam membaca Padahal seharusnya siswa kelas V sudah dituntut untuk lancar membaca karena untuk mempersiapkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Jatisawit 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca yaitu a)  Kematangan mental yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa, b) Kemampuan visual yaitu belum bisa membedakan huruf alfabet, bacaan yang panjang, belum bisa memahami bacaan, kesulitan dalam mengeja, rasa malas dan bosan, c) Kemampuan mendengarkan yaitu kemampuan mendengarkan yang kurang, d) Perkembangan wicara dan bahasa yaitu belum lancar dalam menggunakan bahasa Indonesia, e) Keterampilan berpikir dan memperhatikan yaitu kesulitan memperhatikan dalam waktu yang lama, f) Perkembangan motorik yaitu belum bisa membaca tanpa menunjuk tulisan, g) Pematangan sosial dan emosional yaitu belum bisa membaca lancar secara mandiri, dan h) Motivasi dan minat yaitu kurangnya motivasi pada diri siswa, sarana dan prasarana sekolah yang kurang, dan kurangnya peran orang tua. Jadi terdapat 8 faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Jatisawit 02 yaitu kematangan mental, kemampuan visual, kemampuan mendengarkan, perkembangan wicara dan bahasa, keterampilan berpikir dan memperhatikan, perkembangan motorik, kematangan sosial dan emosional, motivasi dan minat.

 

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Membaca, Kelas V SD

Downloads

Published

2023-09-09