PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arum Lestari Universitas Peradaban
  • Adnan Yusufi Universitas Peradaban
  • Umi Chabibatus Zahro Universitas Peradaban

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya suatu model pembelajaran yang dinilai dapat mengatasi permasalahan pada saat siswa merasa bosan, pembelajaran tidak efektif dan kemampuan literasi numerasi siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) berbantuan media komik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar yang dilihat dari perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa antara kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran VAK berbantuan media komik. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design, teknik rancangan nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar desa Kaliwadas, sedangkan sampel penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 01, dan siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 03. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sign (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) berbantuan media komik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran VAK, Media Komik, Literasi Numerasi

Downloads

Published

2023-09-09