PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIA BRAME (PERNAPASAN MANUSIA BRAIN GAME) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya inovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan sehingga peserta didik mudah bosan dan kurang aktif selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kelayakan media Persia Brame (Pernapasan Manusia Brain Game) dan mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian RND menggunakan model Borg and Gall dengan 10 langkah pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan Uji normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil uji kelayakan oleh ahli media I, II dan III diperoleh rekapitulasi skor 85,42% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari ahli materi I, II, dan III diperoleh rekapitulasi skor 91,67% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan perhitungan menggunakan uji Independent Sample t Test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang nyata berupa peningkatakan motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Kata Kunci: Media Pembelajaran. Persia Brame. Motivasi Belajar