TEORI DAN PRINSIP IPS DALAM PERSPEKTIF GEOGRAFI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.18Keywords:
IPS, Geografi, Konsep Geografi bagi IPSAbstract
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan ilmu tentang perilaku kehidupan manusia
sebagai makluk hidup yang bermasyarakat, ilmu pengetahuan sosial biasa disingkat dengan
IPS adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang
luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa
lalu. Konsep IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu
tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin
ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council
(SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social
Science Education†dan “Social Studiesâ€. Geografi tidak hanya menjawab apa dan dimana
di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan
dengan "lokasi pada ruang." Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam
atau manusia, juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.
Berdasarkan uraian tentang Geografi maka di dalam pembelajaran geografi apalagi
pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang materi Geografi dibutuhkan pendekatan atau cara
yang tepat yakni yang sesuai dengan pendekatan Conetctual Teaching and Learning, terlebih
di kurikulum pendidikan karakter geografi merupakan substansi utama di dalam
pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Teori dan prinsip IPS dalam perspektif Geografi di Sekolah Dasar adalah
bagaimana materi-materi IPS yang bermuatan Geografi dikembangkan oleh Guru dan
kemudian diberikan atau disampaikan kepada peserta didik sesusai dengan konsep dasar ilmu
geografi yakni menjaga, menselarasakan, dan menyeimbangkan antara kepentingan manusia
dengan alam. Adapun langkah yang perlu dilakukan di dalam pembelajaran IPS materi
geografi adalah melalui (a) pembudayaan di sekolah misalnya membuang sampah pada
tempatnya, sampah organik di buang ditempat sampah organik, sampah non organik dibuang
di tempat sampah non organik, membuat kompos sederhana yang bisa digunakan pada kebun
atau taman sekolah, (b) tiap akhir bulan atau akhir semester siswa diajak untuk mengunjungi
tempat yang memiliki unsur keindahan alam serta edukasi, pembiasaan ini tentunya akan
berimplikasi pada perilaku atau karakter peserta didik yang cinta lingkungan. (c)
Pembelajaran IPS dalam perspektif Geografi di SD juga bisa dilakukan lewat kelas-kelas
outdoor atau mengajak siswa keluar, jadi tidak hanya di dalam ruangan. Teori dan prinsip
IPS dalam Perspektif geografi di Sekolah Dasar dapat memberikan bekal, pengetahuan,
ketrampilan serta kepekaan peserta didik terhadap alam dan lingkungannya, serta
memanfaatkan alam demi pemenuhan kebutuhan hidupnya, tanpa mereduksi keseimbangan,
keselarasan serta sinergi yang telah ada antara manusia dengan alam, agar mampu diwariskan
pada generasi berikutnya, lewat pembelajaran-pembelajaran yang mengedepankan unsur atau
pendekatan CTL maupun pendekatan studi lapangan.