PENERAPAN TEORI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BEHAVIORISME BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Teori behaviorisme sangat penting untuk siswa Sekolah Dasar karena membantu guru membuat strategi pembelajaran yang lebih baik. serta membantu siswa mengembangkan kemampuan yang lebih baik dalam berbagai aspek. Penelitian ini menggunakan bersifat studi pustaka atau ulasan literatur. Metode pengumpulan data dimulai dengan mengumpulkan referensi yang relevan dalam bentuk teks tertulis atau soft copy edition. Hasil kajian dalam menerapkan teori behaviorisme adalah, guru harus menentukan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menentukan karakteristik dan kemampuan awal anak, menentukan indikator keberhasilan belajar, membuat bahan ajar, mengembangkan strategi pembelajaran, mengamati stimulus yang dapat diberikan kepada anak, seperti latihan atau tugas, mengamati dan menganalisis respons siswa, dan memberikan penguatan (reinforcement) baik penguat maupun penguat.
Kata kunci: Penerapan, Teori, behaviorisme, siswa SD