EFEKTIVITAS MODEL BASED LEARNING BERBASIS PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masih kurang efektif dan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Hasil observasi siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03 memperoleh data yaitu 17 dari 20 siswa rata-rata menjawab malas, bosan dan kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru ketika di sekolah, kemudian sisanya tidak menjawab dan malah sibuk sendiri. Penyebab utamanya adalah karena guru ketika mengajar masih menggunakan cara lama, yang menyebabkan siswa kurang tertarik dalam pelajaran PPKn yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu, contoh - contoh dan penjelasan yang diberikan oleh guru masih jauh dari kata konkret dan guru menerangkan pembelajaran masih bersifat abstrak sehingga siswa sulit dalam memahami materi yang diajarkan, guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa termotivasi, senang, menjadi lebih semangat dan aktif untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03, sedangkan sampel penelitiannya seluruh siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T-Paired. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,001 dengan taraf kepercayaan 95% maka Sig. < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap hasil belajar dilihat dari pretest dan postest siswa SDN Sindangwangi 03.
Kata kunci: efektivitas, model PBL, picture and picture, hasil belajar PPKn