PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD NEGERI KRETEK 01
Abstract
Penelitian pendidikan karakter bukan sebuah penemuan baru, namun bagian dari tujuan sekolah. Penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa di sekolah agar menjadi manusia yang mengerti kebhinekaan semboyan negara Indonesia. Pendidikan berbasis multikultural menurut James A Banks ialah suatu kepercayaan tentang pentingnya budaya dan etnis dalam membentuk gaya hidup. Maka kurikulum merdeka dapat mengimplementasikan pendidikan multikultural di sekolah sebagai pembentuk karakter siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan multikultural dan pendidikan karakter dalam buku siswa mata pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV Sub Tema Membangun Masyarakat yang Beradab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Subjek penelitian yang digunakan adalah buku siswa IPAS Kurikulm Merdeka kelas IV Sub Tema Membangun Masyarakat yang Beradab. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku siswa IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV mempunyai nilai pendidikan multikultural sebesar 79,9%, sedangkan pendidikan karakter sebesar 64,7%. Cara guru dalam menginternalisasikan nilai multikultural dan karakter untuk menumbuhkan sikap tersebut dengan menjelaskan, memberikan berbagai contoh kepada siswa agar dapat memahami tentang pentingnya pendidikan multikultural dan pendidikan karakter. Faktor yang menjadi kendala guru dalam menginternalisasikan nilai multikultural dan karakter yaitu siswa yang sulit diatur saat jam pembelajaran.
Kata kunci: Buku Siswa, Kurikulum Merdeka, Sub Tema Membangun Masyarakat yang Beradab