PENGEMBANGAN MICROSOFT VISUAL BASIC BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada kurang menariknya media pembelajaran matematika dan penyampaian materi yang kurang menarik menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Microsoft Visual Basic berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok V yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dikembangkan oleh Maribe Branch. Subjek penelitiannya adalah ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru, dan siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Uji kevalidan dengan validasi beberapa ahli yang menunjukkan bahwa Media dinyatakan valid digunakan berdasarkan validasi ahli bahasa dengan kriteria “Sangat Baik”, ahli materi dengan kriteria “Sangat Baik” dan ahli media dengan kriteria “Sangat Baik”. Angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan media yang menunjukan bahwa media dinyatakan praktis dengan kategori “Sangat Baik”. Uji T Paired Simple t test menunjukkan pada daerah penolakan HO berdasarkan kurang dari 0,05, yaitu 0,00 < 0,05, maka dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media Microsoft Visual Basic berbasis etnomatematika valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Microsoft Visual Basic, etnomatematika, hasil belajar